MENU

pengertian ekonomi menurut para ahli

Pengertian Ekonomi | Inilah pengertian ekonomi menurut para ahli yang sering dijadikan referensi oleh orang-orang. Ekonomi adalah suatu cabang ilmu yang membahas perihal kehidupan manusia dalam melakukan pemenuhan kebutuhan hidupnya, aspek-aspek yang dikaji mencakup sistem produksi, sistem penyaluran atau distribusi dan pemakaiannya atau cara mengonsumsinya berupa baik itu jasa maupun barang. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, mencari keuntungan secara materi, untuk mendapatkan gelar atau penghargaan, untuk bisa memperoleh kekuasaan atau sosial kemanusiaan atau saling membantu antar sesama.
Ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu Oikos dan Nomos, Oikos berarti keluarga atau rumah tangga dan Nomos berarti aturan atau peraturan. Sehingga terminologi ekonomi yaitu manajemen aturan rumah tangga.
Pada perkembangannya, ilmu ekonomi meliputi beberapa ilmu sosial yang lain seperti geografi, sosiologi, antropologi maupun sejarah yang secara keseluruhan saling berhubungan dan akan menimbulkan sebab akibat.
Kemudian terdapat permasalahan ekonomi yang akan dihadapi oleh manusia sebagai perwujudan makhluk ekonomi sekaligus makhluk sosial yakni jumlah kebutuhan manusia yang tidak terbatas, sedangkan jumlah alat pemuas kebutuhan manusia jumlahnya terbatas. Ada beberapa aspek yang akan mempengaruhi jumlah kebutuhan seseorang tak sama dengan jumlah kebutuhan orang lain yaitu diantaranya
– Aspek Sosial Budaya
– Aspek Ekonomi
– Aspek Pendiikan
– Aspek Moral
– Aspek Fisik.
Kemudian sebagai upaya pemenuhan kebutuhan manusia maka telah mengelompokkan kebutuhan ekonomi dalam 5 sektor yaitu sektor primer, sekunder, tersier, Quartener dan Quiner.
Pada sektor primer termasuk sektor ekonomi tradisional yang mana memanfaatkan secara langsung dari alam untuk memenuhi segala kebutuhan hidup masyarakat suatu bangsa. Sumber daya alam disini dapat diperoleh dari adanya sektor perhutanan, pertambangan, perikanan, pertanian dan lain-lain. Industri yang mengolah hasil berasal dari sektor primer ini jug dapat disebut dengan industri pada sektor pimer. Sebagai contoh, tengkulak pengumpul hasil bummi atau sumber daya alam, pengepakan, penyulingan dan lain-lain.
Pada sektor sekunder, memperoleh suplai bahan mentah berasal dari sektor primer dimana sektor inilah yang menghasilkan hasil dari sektor primer untuk bisa dijadikan sebagai produk final supaya bisa dikonsumsi atau dimanfaatkan. Contoh sektor sekunder yaitu usaha konstruksi atau usaha produk yang masing-masing dapat dibagi lagi menjadi industri ringan dan berat.
Pada sektor tersier berbeda halnya dengan sektor primer atau sekunder dimana pada produk akhir dari sektor tersier ini yaitu produk yang tak berwujud atau tidak memiliki bentuk. Produk ini dapat diwujudkan dalam bentuk servis, konsultasi, layanan, jasa, sumber daya manusia dan lain-lainnya. Lebih banyak melibatkan keahlian dan ilmu pengetahuan pelakuknya yang diharapkan dapat meningkatkan hasil kerja daripada sektor lain yang telah memanfaatkan jasanya.
Pada sektor Quartener, memiliki cakupan lebih dalam lagi dibandingkan sektor tersier dimana pelaksanaannya berfokus pada aktivitas intelektual. Pada sektor inilah mencakup pemerintah riset ilmiah, kependidikan, informasi dan kebudayaan.
Pada sektor Quiner termasuk sektor-sektor dari Quartener yang bertindak sebagai pengambil keputusan utama yang berdampak langsung akan dirasakan oleh masyarakat.

Pengertian Ekonomi menurut Para Ahli

pengertian-ekonomi
Dalam kehidupan sehari-hari, ekonomi sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Oleh sebab itulah, ekonomi sebagai ilmu yang sangat penting pada kehidupan manusia. Diluar daripada itu, ekonomi juga sebagai alat untuk dapat mengukur tingkat perkembangan suatu negara, apakah kondisinya buruk atau baik.
Secara umum dapat disebutkan bahwa kalau pengertian ekonomi sebagai satu kajian ilmu yang berhubungan tentang sumber daya material individu dan masyarakat serta negara untuk meningkatkan kesejahteraan manusia sehingga ekonomi menjadi satu diantara ilmu yang terkait tentang tingkah laku dan aksi manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang berkembang dengan adanya sumber daya melalui kegiatan mengonsumsi, distribusi dan produksi.
Setelah kita membahas arti ekonomi seperti yang ada diatas maka alangkah bagusnya kita juga membahas pengertian ekonomi menurut para ahli berdasarkan pengalaman mereka.

Pengertian Ekonomi Menurut Abraham Maslow

Abraham Maslow termasuk seorang psikolog humanis, teoretikus, pemikir, dan inspirator dalam hal teori kepribadian, identitas, kecakapan personal dan soft skill. Beliau lahir pada tanggal 1 april 1908 di Brookly, New York dan meninggal pada tanggal 8 Juni 1970 di California di usia 62 tahun. Beliau telah menyelesaikan studinya di Cornell University, Brandeis University, Brooklyn College. Teori belia yang sangat terkenal yaitu Hierarki kebutuhan Manusia, Teori Humanistik dan Aktualisasi diri.
Abraham Maslow menyatakan bahwa pengertian ekonomi adalah suatu bidang keilmuan yang dapat menyelesaikan permasalahan kehidupan manusia lewat penggemblengan seluruh sumber ekonomi yang tersedia berdasarkan pada teori dan prinsip dalam suatu sistem ekonomi yang memang dianggap efisien dan efektif.

Pengertian Ekonomi Menurut Adam Smith

Adam Smith termasuk salah seorang tokoh filsuf politik dan ekonomi. Sekaligus pencetus sistem ekonomi Kapitalisme yang hadir pada abad ke 18 dan 19 di Eropa Barat. Seseorang beraliran Ekonomi klasik ini telah mengemukakan gagasan penting yaitu Ekonomi Klasik, gagasan pasar bebas era modern dan pembagian ketenagakerjaan. Beliau dilahirkan di OSKirkcaldy, Fife, Skotlandia pada tanggal 5 juni 1723 dan meninggal di Edinburg, Skotlandia pada tanggal 17 juli 1970 di umur 67 tahun. Teori yang sangat terkenal dari beliau yaitu Teori keunggulan mutlak.
Adam Smith menyatakan bahwa pengertian ekonomi adalah suatu penyeldikan tetnang kondisi dan sebab adanya atau hadirnya kekayaan negara.

Pengertian Ekonomi Menurut John Stuart Mill

John Stuart Mill termasuk salah seorang filsuf empiris yang terkenal dari Inggris dimana berjasa dalam melakukan reformasi utilitarianisme Sosial di Inggris. Beliau lahir di Pentonville, London pada tanggal 20 mei 1806 dan meninggal pada usia 66 tahun di Avignon pada tanggal 8 mei 1873. Beliau termasuk anak dari seseorang akademisi dan sejarawan yaitu James Mill.
Johs Stuar Mill menyatakan bahwa pengertian ekonomi adalah ilmu praktis yang telah mempelajari tentang penagihan dan pengeluaran.

Pengertian Ekonomi menurut Paul Anthony Samuelson

Paul Anthony Samuelson yaitu salah seorang tokoh ekonomi Amerika yang sudah menerima gelar doktor dari Universitas Harvard dan berhasil menjadi orang amerika pertama yang telah meraih hadiah nobel dalam bidangnya sebagai jasanya yang sudah mengembangkan teori ekonomi statis dan dinamis. Beliau dilahirkan di Gary, Indiana pada tanggal 15 Meil tahun 1915 dan meninggal di usia 94 tahun di Belmont, Massachusetts pada tanggal 13 Desember 2009. Beliau termasuk tokoh ekonom yang sangat menonjol sebelum usianya menginjak 40 tahun.
Paul A. Samuelson menyatakan bahwa Pengertian Ekonomi adalah suatu cara yang dipakai oleh seseorang atau kumpulan orang dalam memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memperoleh berbagai macam komoditi dan produk serta menyalurkannya supaya dapat dikonsumi oleh masyarakat banyak.

Pengertian Ekonomi Menurut Hermawan Kartajaya

Hermawan Kartajaya termasuk salah seorang tokoh pakar pemasaran asal Indonesia yang sudah mendunia. Meskipun beliau pernah berkuliah di Teknik Elektro ITS (institut Teknologi Sepuluh November) akan tetapi sempat berhenti ditengah jalan karena persoalan ekonomi. Meskipun tak mendapatkan gelar sarjana dari ITS Surabaya akan tetapi siapa yang menyangka bahwa beliau malah memperoleh gelar dari mantan kampusnya yaitu gelar Honoris causa atas keilmuannya dalam sektor ekonomi dan pemasaran level dunia. Jabatan beliau sekarang ini sebaga Presiden MarkPlus&CO.
Hermawan Kartajaya Menyatakan bahwa pengertian Ekonomi adalah suatu wadah dimana sektor industri sedang melekat diatasnya.

Ekonomi Menurut Amwal

Ekonomi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menentukan keputusan yang efektif untuk mengelola semua sumber daya yang tersedia dalam rangka untuk melakukan pemenuhan kebutuhan pada individu atau masyarakat.

Ekonomi menurut Khursid Ahmad

Ekonomi adalah suatu usaha yang mensistematiskan dan memahami segala permasalahan perekonomian dan segala macam perilaku manusia dengan permasalah tersebut berdasarkan perspektif ISLAM.

Ekonomi menurut Aristoteles

Ekonomi adalah suatu cabang yang dapat digunakan dengan dua jalan yakni mungkin bisa dipakai dan mungkin untuk ditukar dengan barang, jadi Ekonomi mempunyai nilai pertukaran dan nilai penggunaan.

Ekonomi Menurut Samuekon

Ekonomi adalah suatu studi yang menganalisis segala macam kerugian dan keuntungan yang mengikat semua pola tertentu dalam memanfaatkan penggunaan sumber daya.

Ekonomi Menurut Lipsey

Ekonomi adalah suatu studi tentang pemanfaatan segala sumber daya yang langka untuk memenuhi segala kebutuhan manusia yang tak pernah berujung atau tidak terbatas.

Pengertian Ekonomi Menurut M. Manullang

Ekonomi merupakan suatu studi yang membahas mengenai aktivitas masyarakat dalam upaya untuk mencapai segala kemakmuran dimana kemakmuran tersebut suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi segala kebutuhannya, baik berupa barang atau jasa.

Pengertian Ekonomi menurut Von Neumann dan Mogenstern

Ekonomi adalah suatu cabang ilmu yang sayang sekali jika tak diperlakukan secara tidak ilmiah karena semua tokohnya sudah sibuk mengurusi berbagai macam solusi supaya dapat menghadapi segala permasalahan mendesak pada zaman itu.

Ekonomi menurut Alfred Marshall

Ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai segala kehidupan manusia dalam sehari-hari.

Pengertian Ekonomi menurut Case dan Fair

Ekonomi adalah suatu studi tentang bagaimana masyarakat dan individu itu mengambil pilihan untuk menggunakan segala sumber daya yang langkap ada apa yang sudah disediakan oleh alam dan generasi yang sudah ada sebelumnya.

Bentuk Analisa Ilmu Ekonomi

Ekonomi Deskriptif yakni satu diantara corak analisis pengetahuan Ekonomi yang menggambarkan tentang kondisi secara nyata dalam bentuk perekonomian. Pada persoalan ini sebagai peran pokoknya yaitu sebagai pengumpul atau kolektor serta penyedia berbagai macam info dengan cara kenyataan yang relevan mengenai beberapa permasalahan ekonomi.
Teori Ekonomi disini menjelaskan untuk memberikan pandangan mengenai tingkah laku yang berhubugan dengan bentuk pada kegiatan ilmu ekonomi yang berbentuk ramalan dan mendalami peristiwa serta momen dalam kondisi tersebut yang dipengaruhinya mengalami sedikit serta bahkan juga terjadi banyak pergantian.
Sebagai Pekerjaan utama teori ekonomi yakni memberikan suatu ketidaknyataan dari fakta yang sedang berlangsung dalam perekonominan serta fakta ini memiliki karakter yang rumit dan kompleks, oleh sebab itu dibutuhkan satu bentuk kesederhanaan dan keabstrakan yang dapat dilihat serta dituangkan pada teori tersebut.
Ekonomi Terapan umum dikenal sebagai Ekonomi kebijakan, ekonomi ini ditujukan lewat adanya pengambilan beberapa rencana pada teori ekonoi serta coba dalam terapannya merujuk kepada kebijakan ekonomi. Meski demikian tetap mesti memperhatikan data dan kenyataannya dari ekonomi deskriptif.

Kebijakan Pengetahuan ekonomi yaitu

– Membuat distribusi pendapatan yang stabil dan rata dengan cara keseluruhan.
– Membuat perkembangan ekonomi yang pesat.
– Menangani Berbagai macam permasalahan pengangguran
– Wujudkan pencapaian harga yang stabil.

Klasifikasi Pelaku Ekonomi dalam satu Perekonomian

1) Rumah tangga produksi
Rumah tangga produksi ini dapat dikatakan sebagai perusahaan, yang dimaknai sebagai suatu tempat berlangsungnya satu produksi serta sebagai bentuk organisasi yang diberdirikan untuk dapat menghasilkan layanan dan barang yang memang benar-benar dilakukan oleh orang-orang. Adapun sebagai peran perusahaan yakni sebagai berikut:
– Dari mitra sisi pembangunan yaitu mendukung pemerintah dalam melakukan aktivitas pembangunan.
– Dari sisi para pengguna aspek produksi yaitu untuk menggunakan aspek produksi.
– Dari sisi produsen yaitu untuk menghasilkan jasa dan barang.
2) Rumah tangga Konsumsi.
Rumah tangga konsumsi adalah pelaku ekonomi yang paling kecil. Rumah tangga konsumsi adalah suatu penyedia layanan. Aspek produks ini dari rumah tangga yang menjadi bakal digunakan untuk perusahaan dalam menghasilkan layanan atau barang. Penggunaan layanan dan barang yang sudah digunakan oleh rumah tangga konsumsi ini bisa untuk memenuhi segala keperluan.
3). Pemerintahan.
Pihak ini mencakup seluruh instansi atau tubuh pemerintahan baik daerah maupun pusat yang memiliki peran dan tanggung jawab dalam mengatur perekonomian. Pemerintah disini juga mesti aktif dalam kegiatan ekonomi yang berhubungan pada perusahaan negara. Sebagai pelaku ekonomi memiliki peran sebagai berikut
– Sebagai pengatur yaitu menerangkan untuk mengatur secara keseluruhan bentuk perekonomian negara sampai dapat membuat ekonomi yang stabil. Dengan alasan tersebut orang-orang akan tidak mengalami suatu kerugian karena bertindak sebagai pengatur jadi terdiri dari dua sisi dalam perekonomian yaitu pengatur ekonomi secara langsug dan pengatur ekonomi otoamtis.
– Sebagai Customer, menunjukkan sebagai bentuk pemakai kebutuhan akan barang dan layanan dalam upaya membuka lapangan pekerjaan.
– Sebagai Produsen yaitu ppenghasil layanan atau barang secara langsung melalui BUMD atau BUMN sebagai bentuk perdagangan, penanaman modal, pemberi uang atau pertolongan dan pertukaran tenaga kerja.
Demikianlah informasi tentang Pengertian Ekonomi Menurut para ahli. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan referensi mengenai Ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Download Everyting

motogp