MENU

Profil Negara Australia (terlengkap)

Profil Negara Australia


Sebelumnya, kita sudah membahas tentang negara Indonesia. Negara yang terletak di Asia Tenggara ini beribu kota di Jakarta. Bentuk negara Indonesia yaitu republik, dengan kepala pemerintahan yaitu seorang presiden. Negara yang merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 dari penjajahan Belanda ini, menjadikan burung garuda sebagai lambang negara.

Di dalam burung garuda mengandung sila- sila dalam Pancasila. Lebih lanjut, negara ini merupakan negara yang memiliki banyak kepulauan. Maka tidak mengherankan karena terdiri dari beberapa pulau, sehingga negara Indonesia ini memiliki banyak perairan.

Penduduk yang tinggal di negara Indoesia ini terdiri dari berbagai suku. Bukan hanya terdiri banyak suku saja, namun negara Indonesia ini juga memiliki banyak agama, dengan satu bahasa yaitu bahasa Indonesia.

Pembahasan selanjutnya, akan memaparkan tentang negara Australia, negara ini merupakan negara tetangga dari negara Indonesia. Adapun penjelasan dari negara Australia dapat dijabarkan sebagai berikut.

Letak Geografis Negara Australia

Negara Australia memiliki nama resmi Persemakmuran Australia atau Commonwealth of Australia. Negara Australia ini juga merupakan benua yang terletak pada belahan bumi bagian selatan. Negara Australia terbagi menjadi enam negara bagian dengan dua wilayah territories utama, yaitu sebagai berikut.
  • Victoria disingkat VIC, ibu kota Melbourne.
  • New South Wales disingkat NSW, ibu kota Sydney.
  • South Australia disingkat SA, ibu kota Adelaide.
  • Queensland disingkat QLD, ibu kota Brisbane.
  • Tasmania disingkat TAS, ibu kota Hobart.
  • Western Australia disingkat WA, ibu kota Perth.
  • Northern Territory disingkat NT, ibu kota Darwin.
  • Australian Capital Territory disingkat ACT, ibu kota Canberra.

Secara Astronomis, negara Australia terletak pada garis lintang antara 100 Lintang Selatan sampai 440 Lintang Selatan dan pada garis bujur antara 1130 Bujur Timur sampai 1540 Bujur Timur. Berdasarkan kondisi tersebut, maka negara Australia memiliki panjang 3.774 km.
Secara geografis, negara Australia berbatasan dengan :
  • Sebelah utara negara Australia berbatasan dengan Laut Timor atau Timor Leste dan Laut Arafuru.
  • Sebelah barat negara Australia berbatasan dengan Samudra Hindia.
  • Sebelah timur negara Australia berbatasan dengan Samudra Pasifik.
  • Sebelah selatan negara Australia berbatasan dengan laut Antartika.

Berdasarkan letak astronomis dan geografis yang telah disebutkan di atas, bagaimanakah kondisi iklim negara Australia?

Iklim Negara Australia

Daratan dari Negara Australia digolongkan sebagai gurun (hampir 20%). Maka, kondisi tersebut menyebabkan negara Australia merupakan benua yang paling kering di dunia. Rata – rata curah hujan tahunan di negara Australia tergolong rendah, sedangkan intensitas curah hujan yang tinggi terdapat pada wilayah tropis di daratan Australia, tepatnya di North Territory dan Queensland. Selain di dua tempat tersebut, curah hujan yang tinggi dapat dijumpai di daerah pesisir.

Negara Australia memiliki empat musim, yang dapat dijabarkan sebagai berikut.
  • Musim panas, terjadi pada bulan Desember sampai Februari.
  • Musim gugur terjadi pada bulan Maret sampai Mei
  • Musim dingin terjadi pada bulan Juni sampai Agustus.
  • Musim semi, terjadi pada bulan September sampai November.

Dengan kondisi iklim yang demikian, bagaimanakah pembagian waktu di negara Australia? Hal tersebut dapat dijelaskan di bawah ini.


Pembagian Daerah Waktu Negara Australia

Negara Australia dibagi ke dalam tiga daerah waktu. Daerah waktu tersebut dapat dijabarkan dalam kolom sebagai berikut.
  • Zona Waktu: Australian Eastern Standard Time, disingkat AEST. Negara: Queensland, New South Wales (kecuali Broken Hill), Victoria, Tasmania, Australian Capital Territory. Kota: Brisbane, Sydney, Melbourne, Hobart, Canberra.
  • Zona Waktu: Australian Central Standard Time disingkat ACST. Negara: Australia Selatan, Teritorial Australia bagian utara, dan kota di Broken Hill yang terletak di barat New South Wales. Kota: Adelaide, Darwin, Broken Hill.
  • Zona Waktu: Australian Western Standard Time disingkat AWST. Negara: Australia Barat. Kota: Perth.
Setelah memahami tentang pembagian waktu di negara Australia, selanjutnya akan dijelaskan tentang bentangan alam dari negara Australia.

Bentangan Alam Negara Australia

Berdasarkan topografinya negara Australia ini relatif rata. Pada bagian barat terdapat dataran tinggi dengan puncak tertingginya dinamakan gunung Bruce dengan ketinggian 1.226 m di atas permukaan air laut. Dataran tinggi ini hampir meliputi sebagian besar wilayah benua Australia. Lebih lanjut, bagian barat ini juga tertutup oleh gurun, antara lain gurun Gibson, gurun Victoria, gurun Simpson, dan Gurun Pasir Besar pada bagian barat laut.

Pada bagian timur dari dataran tinggi ini tersambung dengan bagian tengah yang merupakan daerah dataran rendah. Negara Australia ini memiliki daratan yang lebih rendah dari permukaan air laut, yaitu danau Erye, yang terletak pada bagian Australia Selatan. Pada daerah ini jarang sekali berair sampai tergenang, sebab terjadi evaporasi dan kurang mendapat hujan.

Kemudian, rangkaian pegunungan lipatan muda sirkum pasifik busur Australia timur yang membentang pada bagian tenggara, mulai dari daerah Victoria ke arah utara. Kemudian, menjadi pegunungan yang terletak di New South Walle sampai ke Queensland. Rangkaian dari pegunungan lipatan ini dinamakan dengan Pegunungan Biru dan Pegunungan Alpen Australia. Pegunungan ini berfungsi sebagai tembok penghalang untuk hembusan angin lembab yang berasal dari Samudra Pasifik.

Hal tersebut menyebabkan curah hujan yang jatuh pada sepanjang pantai timur New South Walles dan Queensland. Angin yang terus melewati daerah pegunungan dan bertiup menuju ke arah barat sebagai angin kering. Hal tersebut yang menyebabkan dataran rendah yang terletak pada bagian barat dari pegunungan ini memiliki gurun yang luas.

Lebih lanjut, di negara Australia ini juga akan ditemukan terumbu karang raksasa. Terumbu karang ini relatif sejajar dengan pantai timur negara Australia yang dinamakan karang penghalang besar. Karang penghalang besar atau Great Barrier Reef ini sepanjang 2.010 km. Bahkan, karang penghalang ini juga digunakan sebagai salah satu alternatif untuk objek wisata yang sangat di sukai oleh para wisatawan yang berkunjung ke Australia.

Selanjutnya, bagaimana flora dan fauna yang ada di negara Australia?


Flora dan Fauna Negar Australia

Negara Australia memiliki tanamana dan binatang yang menarik. Di negara ini terdapat 25.000 spesies tanaman dan 250.000 spesies binatang. Pada daerah hutan hujan tropis terdapat kupu -kupu bersayap burung dan kanguru pohon.

Di daerah pesisir, timur, tenggara, dan barat laut merupakan wilayah hutan terbuka atau wilayah semak – semak Australia. Hewan yang hidup di wilayah ini yaitu kanguru abu – abu dan koala. Selain itu, juga terdapat burung, antara lain kookaburras, nuri, dan budgerigars.

Negara Australia terkenal akan marsupial, merupakan hewan yang sangat langka. Hewan tersebut yaitu koala, wallaby, kanguru, possum, dan wombat.

Sedangkan, hewan yang paling berbahaya di negara Australia, yaitu laba – laba dan reptil. Laba – laba tersebut berpunggung merah. Kemudian, ada ular yang mematikan, yang dinamakan dengan taipan dan buaya muara, merupakan binatang yang paling berbahaya bagi manusia.

Demikian gambaran tentang flora dan fauna yang ada di negara Australia. Selanjutnya, bagaimana gambaran dari penduduk negara Australia?


Penduduk Negara Australia

Jumlah penduduk yang mendiami wilayah Australia pada tahun 2002, berjumlah 19.700.000 jiwa. Pertumbuhan penduduk di negara Australia yaitu 0,6 %. Sebanyak 85 % penduduk Australia tinggal di wilayah perkotaan.

Penduduk asli negara Australia yaitu suku aborigin. Namun, sayangnya jumlah suku ini terus berkurang. Selain, suku aborigin, di Australia juga terdapat ras Asia dan ras kulit putih.

Sebagian besar penduduk di negara Australia beragama kristen, sebesar 86 %. Sedangkan, sisanya beragama Budha, Islam, dan keyakinan Animisme.

Pendapatan perkapita dari penduduk Australia, secara rata – rata lebih tinggi dibandingkan dengan negara lain yang ada di Asia Tenggara, kecuali negara Brunei Darussalam dan Singapura.

Setelah memahami tentang kondisi penduduk di negara Australia. Kemudian, akan dipaparkan tentang kerjasama Australia dengan Indonesia


Kerja Sama Negara Australia dengan Negara Indonesia

Kerjasama yang dilakukan antara Australia dan Indonesia yaitu pada kegiatan impor Australia, berupa minyak bumi, gas alam, benang, dan pakaian jadi. Negara Australia melakukan ekspor untuk sapi dan alat – alat rumah tangga ke Indonesia.

Dalam bidang pendidikan, banyak pelajar dari negara Indonesia yang belajar ke negara Australia. Selain itu, adanya program pertukaran pelajar dan misi kebudayaan.
Setelah memahami tentang kerja sama antara Indonesia dan Australia, bagaimana gambaran umum dari negara ini?

Gambaran Umum Negara Australia
Bendera Negara Australia               : Negara Australia memiliki tiga bendera resmi, yaitu bendera nasional Australia, bendera Aborigin Australia, dan bendera Penduduk Pribumi Selat Torres.
Bendera Nasional Australia
Pada bendera nasional Australias ini terdapat tiga warna, yaitu biru, putih, dan merah. Lebih lanjut, bendera ini memiliki tiga bagian yang penting, yaitu:

 Union jack yang terletak di sudut sebelah kiri atas yang melambangkan tentang sejarah permukiman Inggris.
Bintang persemakmuran yang terletak di bawah union jack, di mana dalam bintang ini terdapat tujuh titik, dan setiap titik mewakili tentang enam negara bagian dan satu wilayah teritorial.
Bintang pari yang terletak di sebelah kanan, merupakan konstelasi bintang yang dapat dilihat pada langit sebelah selatan.

 Bendera Aborigin Australia
Bendera aborigin Australia ini memiliki tiga warna yaitu merah, hitam, dan kuning, yang dapat dijelaskan sebagai berikut.
Warna merah melambangkan tentang bumu dan hubungan spiritual dengan tanah.
Warna hitam melambangkan tentang orang aborigin Australia.
Warna kuning melambangkan tentang matahari.

Bendera Penduduk Pribumi Selat Torres
Bendera penduduk pribumi Selat Torres ini memiliki empat warna, yang dapat dijelaskan sebagai berikut.
Garis –garis hijau dalam bendera melambangkan tentang tanah.
Panel biru pada tengah bendera melambangkan tentang laut.
Garis –garis hitam pada bendera melambangkan tentang penduduk pribumi selat Torres.
Hiasan kepala penari yang berwarna putih di tengahnya, melambangkan tentang semua penduduk pribumi selat Torres.
Titik – titik bintang putih pada bendera melambangkan tentang kelompok – kelompok pulau di selat Torres.
Warna putih pada bendera melambangkan tentang perdamaian.

Lambang Negara Australia             : Lambang Persemakmuran atau Commonwealth Coat Of Arms.
Lambang ini merupakan wujud persatuan nasional negara Australia, yang memiliki makna sebagai berikut.
Perisai yang terletak di tengah melambangkan tentang enam negara bagian dan federasi.
Seekor kangguru dan seekor emu yang menyangga perisai pada kedua sisi ini, melambangkan tentang binatang asli negara Australia dan emu merupakan burung asli dari negara Australia.
Bintang persemakmuran emas yang tersemat pada atas perisai.
Latar belakang lambang yaitu wattle emas yang melambangkan tentang bunga nasional negara Australia.

Nama Negara                                   Persemakmuran Australia
Lokasi Negara Australia                  Selatan Benua Asia
Ibu Kota Negara Australia              Canberra
Suku Asli Negara Australia             Suku Aborigin
Luas Wilayah Negara Australia      7.686.844 km2.
Jumlah Penduduk Negara Australia: 18.000.000 jiwa.
Harapan Hidup rata –rata               : Untuk laki – laki 75 tahun. Untuk wanita 80 tahun
Agama                                                Kristen
Bahasa                                                Bahasa Inggris Australia dan Bahasa Aborigin
Pegunungan tertinggi Negara Australia: Gunung Kosciusko dengan ketinggian 2.228 m, di atas permukaan air laut.
Sungai Besar Negara Australia       Sungai Murray dengan panjang 1.930 km. Sungai Darling dengan panjang 1.879 km.
Mata Uang Negara Australia           Dollar Australia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Download Everyting

motogp