MENU

Mengenal Suku Cadang Motor dan Fungsinya

Mengenal Suku Cadang Motor dan Fungsinya

salah satu alat transportasi yang bisa kamu gunakan di segala medan baik di jalanan yang terjal, sempit bahkan mendaki. Tidak heran bila motor menjadi salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain modelnya yang ramping dan terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah, motor juga kerap digunakan di bidang bisnis. Mulai dari pasar hingga gedung pencakar langitpun banyak terlihat kendaraan roda dua ini berseliweran.


Bagi kamu yang memiliki motor tentunya perlu memahami bagian motor atau spare part yang memaksimalkan kinerja motor kamu. Memahami suku cadang beserta fungsi dari motor kamu bisa menolong saat tiba-tiba motor mengalami mogok atau hal yang tak diinginkan. Kamu juga bisa merawat motor agar awet dan dapat digunakan dalam waktu yang lama.



Beberapa sparepart ini mungkin telah kamu ketahui namun jarang kamu pahami apa fungsinya. Oleh karena itu tanpa menunggu waktu lama berikut ini ulasan tentang suku cadang motor dan fungsinya:




uku cadang yang pertama yang perlu kita ketahui ialah aki motor yang berguna sebagai penyalur daya agar motor kamu bisa hidup. Bisa dibilang aki sama dengan jantung pada manusia sehingga bila tidak ada suku cadang ini maka motor kamu tidak bisa hidup dan bekerja sebagaimana mestinya. Aki juga menjadi penyedia tenaga cadangan untuk mesin motor dan aliran listrik bagi kendaraan roda dua tersebut. Pentingnya aki motor ini mengharuskan kamu untuk melakukan pemeriksaan secara berkala. 


Aki motor pada dasarnya terbagi atas dua jenis yakni aki kering dan aki basah yang tergantung pada model motor yang kamu pakai. Aki motor kering misalnya digunakan untuk motor matic. Perbedaan antara kedua aki tersebut tentu dilihat dari volumenya yakni aki kering lebih kecil dibanding dengan aki basah. Aki kering tidak memerlukan perawatan khusus, namun sayangnya aki jenis ini mudah sekali rusak. 



Untuk aki basah biarpun selalu perlu diisi air ketika habis, namun waktu penggunaanya lebih lama. Hal ini karena aki basah memerlukan perawatan yang lebih intensif ketimbang aki kering. Jika kamu sedang servis motor jangan lupa ya untuk mengecek aki motor kamu.



 
Jika sudah ada aki jangan lupa juga untuk memperhatikan busi motor kamu. Bagi yang tidak mengetahui busi, kamu perlu tahu nih fungsinya. Busi juga tak kalah penting dengan aki motor lho. Busi motor berfungsi sebagai penyala api yang nantinya digunakan untuk membakar bahan bakar. Ada beberapa jenis busi yang ada di pasaran diantaranya busi standar, resistor, elektroda, iridium dan lain sebagainya.


Busi standar memiliki ciri ujung elektroda tengah yang keluar dari diameter treaded section dan ujung insulator tidak menonjol. Busi jenis inilah yang biasa dipakai motor dengan standar pabrikan. Untuk motor yang menggunakan sistem injeksi bahan bakar maka akan digunakan busi resistor yang terdapat huruf R pada bagian pangkal dan terdapat ceramic resistor.



Bagi kamu yang memiliki motor balap biasanya menggunakan busi jenis iridium yang tahan akan keausan dengan ukuran lebih kecil dan ringan ketimbang busi biasa.



  Sumber: www.camargus.com
Karburator ditemukan pada tahun 1885 dan dipatenkan di tahun 1886 oleh Karl Benz. Karburator hampir digunakan oleh semua sepeda motor yang menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya. Fungsi karburator sendiri yakni bertugas untuk mencampur bahan bakar dengan udara. Jika disimulasikan maka karburator akan mencampur 1 gram bensin dengan 15 gram udara. Komponen karburator juga beragam dan memiliki tugas berbeda di setiap bagiannya.


Bagian karburator tersebut terdiri dari mangkok karburator yang berguna untuk menyimpan bensin saat tidak digunakan. Pelampung yang berfungsi untuk mengatur agar bahan bakar tetap ditempatnya. Katup cuk yang berguna untuk menutup udara luar masuk begitu saja ke kaburator. Ada pula katup gas, klep, baut udara dan masih banyak lagi lainnya.TOP



 
Lampu ialah suku cadang yang bisa kamu lihat secara langsung atau nampak pada motor tanpa harus membongkarnya. Motor memiliki beragam lampu mulai dari lampu sein hingga lampu depan dan belakangnya. Lampu sein sendiri memiliki fungsi untuk memberi tanda kepada pengendara lainnya bahwa kamu hendak berbelok. Lampu belakang berguna untuk memberi tahu pengendara yang ada di belakang kamu bahwa ada kendaraan di depannya sedangkan lampu depan berguna menerangi jalan yang akan kamu lalui.


Lampu sebenarnya memiliki hubungan yang erat dengan aki motor kamu. Apabila aki bekerja dengan baik maka lampu akan menyala dengan terang. Apabila lampu tidak menyala maka ada masalah pada aki motor kamu.

Ban dan Fungsinya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Download Everyting

motogp