MENU

komponen elektronik motor

komponen elektronik motor

komponen-komponen ini maka tidak jarang kita akan menemui kerusakan pada komponen tersebut bahkan yang paling patalnya bisa meledak (kapasitor ledakannya yang paling keras).
Dibawah ini komponen-komponen elektronik yang sangat berguna dalam sepeda motor yang kemungkinan braders bisa memasangnya sendiri.
klik untuk memperbesar
  • Dioda, berfungsi sebagai penyearah arus yang awalnya AC menjadi DC. Selain itu dioda juga berfungsi untuk mencegah berbaliknya arus kearah berlawanan. Di sepeda motor sendiri sebenarnya dioda ini sudah ada, akan tetapi dengan bentuk yang besar dan dengan sebutan yang lain yaitu Kiprok (kiprok merupakan dioda bridge yang berfungsi mengubah arus AC dari spul pengisian menjadi DC setelah keluar dari kiprok dan juga sebagai penyetabil arus). Selain itu dioda juga bisa sebagai penurun tegangan, satu buah dioda bisa menurunkan voltase +/-1volt. Jika disusun secara seri maka penurunan tegangannya akan semakin besar sesuai dengan jumlah diodanya,sehingga lewat beberapa dioda dan led sebenarnya kita bisa membuat alat pengukur tegangan aki.
  • Zener, merupakan salah satu bagian dari dioda namun dengan fungsi yang berbeda. berfungsi sebagai penyetabil arus lewat pembuangan arus berlebihan yang lewat dalam sebuah sirkuit dan pemasangannya dengan diparalelkan. Semisalnya sebuah zener memiliki ambang batas voltase 15volt, jika arus yang lewat di kutup negatipnya dibawah 15volt maka arus akan tetap dialirkan secara normal. Berbeda bila arus yang lewat melebihi ambang batas, semisalnya 16volt maka arus yang lagi 1volt itu akan dibuang ke masa. Sebagai contoh penerapannya ada di kunci kontaknya Honda CBR250R.
  • Resistor, berpungsi sebagai tahanan/penghambat dari arus yang nilai hambatannya disesuaikan dengan besaran satuan ohm, besarnya nilai resistan suatu resistor ditunjukkan oleh warna-warna cincin yang tertempel di tubuh resistor ini. Penerapannya yaitu pada piranti yang membutuhkan nilai tegangan yang rendah semisalnya led lampu stop, lampu pariasi,dan angle eye.
  • Kapasitor, piranti ini sebenarnya sudah terdapat di motor kita dan hampir setiap orang sudah pernah membicarakannya. Yaitu piranti yang bernama singkat CDI, nama CDI sendiri diambil dari Capacitor Discharge Ignition. Jadi di dalam CDI itu sudah terdapat yang namanya kapasitor yang berfungsi sebagai penyimpan arus sementara yang kemudian dilepaskan ketika dihubungkan ke negative. Sebagai fungsi pokoknya yang bersifat menyimpan arus sementara maka kapasitor juga dimanfaatkan sebagai DC Booster dan Kapasitor Bank. DC Booster dan Kapasitor Bank ini sebenarnya berfungsi sama namun dibedakan dari kapasitas penyimpanan arusnya, jika DC Booster biasanya kapasitas tertingginya 4700mf x 4 sedangkan Kapasitor Bank kapasitasnya bisa lebih besar lagi mencapai 1f.
itulah sedikit pengetahuan tentang komponen pada sepeda motor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Download Everyting

motogp