MENU

Membuat Label CD di Photoshop

Membuat Label CD di Photoshop

sebagian orang, CD/DVD masih tetap solusi utama. contoh Konsultan Perencana, kebetulan saya bekerja di PT. Buala Lima Planologi. ketika tahap akhir, kita harus membakar semua data perencanaan bangunan kedalam CD.

Berikut contoh hasil pembuatan label cd menggunakan aplikasi Adobe Photoshop 


Ukuran Label CD Stiker (1 kertas 2 label)

Sebelum memulai lihat dulu standar ukuran label cd yang beredar dipasaran. dibawah merupakan stiker cd isi 2 label. inilah yang paling sering kita dapatkan di toko ATK. setelah saya beli, kemudian diukur pakai mistar. berikut hasil pengukuran yang didapatkan:
  • Panjang 25,4 cm dan Lebar 12.9cm
  • Diameter lingkaran CD/DVD 11,6cm
  • Diameter lubang tengah 1,6cm
  • Jarak antara garis pinggir dan lingkaran adalah 0,7cm
Ukuran inilah yang dipakai untuk membuat settingan pada photoshop. bisa juga dipakai untuk microsoft word, coreldraw, ilustrator dan aplikasi lainnya.
Ukuran stiker label cd pasaran
Mari kita lanjutkan ke tahap pembuatan label cd.

Cara Membuat Label CD dengan Photoshop


1. Buka Aplikasi Adobe Photoshop. Buat lembar kerja baru, pergi ke File - New. sesuai ukuran kertas label cd diatas, kita mendapatkan Width 25,4cm dan Height 12.9cm. usahakan pakai satuan "centimeter". untuk resolution, saya pakai 75 pixels/cm. sobat bisa pakai 300 kalau mau hasilnya lebih berkualitas. klik ok.

2. Supaya lebih mudah dalam proses pengeditan, aktifkan dulu yang berikut :

  • Ruler, pergi ke menu View - Rules. lalu klik kanan pada ruler yang sudah tampil - pilih Centimeter.
  • Smart Guides, aktifkan di View - Show - Smart Guides. agar ketika memindahkan objek, akan muncul  garis bantu sebagai pedoman
Sekarang mari kita buat beberapa garis bantu "guides" sesuai ukuran kertas stikel label cd. jadi kita buat 3 garis bantu sudah cukup. Pergi ke View - New Guide,pilih "Vertcal" lalu masukkan 0.7cm - ok. lanjutkan lagi membuat yang posisi "Horizontal" 0.7cm. terakhir buat lagi "Vertikal" 13cm. hasilnya akan seperti dibawah.


3. Waktunya membuat lingkaran. buat dulu layer kosong baru, Ctrl Shift N - Ok. dilayer inilah tempat lingkaran tersebut. akftifkan "Marquee Rectangle Tool". berikan pengaturan :

  • Style = Fixed size. lalu masukkan 
Lalu masukkan ukuran lingkaran Label CD,Width 11.6cm dan Height 11.6cm. klik pada area lembar kerja, maka muncullah lingkaran tersebut. bawa kursor ke dalam lingkaran, lalu klik dan geser hingga menempel pada garis bantu kita. lihat gambar dibawah.


4. Klik kanan pada lingkaran - Stroke, berikan Width 5pxColor Hitam dan Location Center - Ok. kalau sudah jadi klik kanan lagi - Deselect, maka garis seleksinya (bintik bintik) akan hilang.

5. Supaya tidak repot-repot membuat lingkaran yang satunya lagi. maka kita duplikat saja lalu pindahkan. pastikan berada dilayer lingkaran tadi, aktifkan Move Tool (V). tahan Ctrl Shift, klik dan tarik lingkaran tersebut kearah kanan. usahan menempel pada garis bantu. akan tampil garis warna ungu sebagai pedoman.

Hasilnya seperti bawah, layer lingkaran menjadi dua.

6. Selanjutnya membuat lingkaran kecil ditengah atau lubang pada kaset cd/dvd.caranya sama seperti diatas, hanya ukurannya saja yang beda. masukkan ukuran Width 1.6cm dan Height 1.6cm. duplikat juga kekanan. hingga hasilnya ada 2 layer lingkaran besar dan 2 kecil.

Saya anggap sudah fix. sekarang waktunya membuatnya menjadi satu layer atau menggabungkannya. Blok semua layer lingkaran, caranya klik layer 1 - tahan Shift dan klik layer paling atas.tekan Ctrl E atau klik kanan - Merge Layer. ganti nama layer menjadi "cetakan", caranya klik 2X pada nama layer.
Alhamdulillah, pola label cd sudah jadi. tinggal lanjutkan ke tahap berikut.

7.  Aktifkan "Paint Bucket Tool". lalu pilih warna yang di inginkan. kalau tidak tau mau pilih warna dimana, aktifkan saja Windows - Swatches - klik satu warna disitu. Bawa kursor dibagian luar lingkaran, lalu klik, maka langsung akan tertimpa warna. klik juga dibagian lingkaran kecil. hasilnya pserti berikut.

8. Langkah terakhir, tinggal memasukkan gambar yang mau dijadikan label cd. karena cuma latihan, saya langsung masukkan saja satu gambar yang lebar. letak layernya dibawa layer "cetakan".

Caranya: Pergi ke File - Place - cari gambar - Open. jika gambar sudah terbuka, bisa langsung diatur posisi beserta ukurannya. pastikan layernya berada dibawah "cetakan".

Tambahan: 
  • jika ingin label cd 1 dan 2 sama gambarnya. tinggal duplikat layer gambar kemdian taruh disebelahnya. 
  • Untuk memasukkan teks, aktifkan Type Tool (T) lalu menulislah dan atur font serta ukurannya. 

Cara Print Label CD di Photoshop

Sebelum mengatur printer, kita atur lagi hasil yang sudah kita buat diatas. klik "icon mata"pada layer "cetakan" supaya warna hijau itu tidak terlihat. jadi yang terlihat hanyalah gambar label saja. kenapa ? karena, jika ada salah ukuran, yang kena print juga masih lanjutan gambar label tersebut. sementara kalau warna hijau diaktifkan, maka kalau salah ukuran, warna hijau itulah yang akan terlihat. paham kan. kalau sudah diprint, tinggal dicabut saja stikernya.

Pergi lagi ke Image - Image rotation - 90CW. kita putar label cd, supaya pengaturan kertas nanti bisa sama.


Tekan Ctrl P, maka akan terbuka menu pengaturan Print. pilih jenis perinter, lalu klik "Print Setting" untuk membuat ukuran kertas label cd. pada Document size, pilih "User-defined". lalu masukkan ukuran kertas label cd. jangan lupa klik "mm". klik ok.

Tampilannya nanti langsung seperti berikut. kalau dirasa sudah fix, tekan Print. tunggu deh hasilnya. selamat mencoba.

Saya rasa tutorial diatas sudah cukup membantu,.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Download Everyting

motogp