MENU

UPGRADE MESIN CB

UPGRADE MESIN CB

terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada semua yang sudah baca.
dipakai. yah namanya juga motor ya di pakai yakk cakk.hehe 
langsung aja cakk..pemakaian motor dalam beberapa KM timbul gejala-gejala aneh, dari yang tarikannya agak melempem sampai suara mesin yang makin berisik dan cepat panas. Ternyata setelah dicek OMG banyak rembesan oli di mana-mana beuhhhh.
Memang sebelumnya bagian mesin benar-benar tidak dibongkar sama sekali, hanya diganti oli nya saja dan di stel klepnya. Gak lama setelah itu saya pun langsung membawa motornya ke sebuah klinik / bengkel temen wkwkwkwkwkwkwk. 
Setelah sampai di bengkelnya Kang Nurdin motor langsung diberdirikan dengan standar dua, peralatan lainnya pun disiapkan seperti tool kits, mesin kompresor, dll. Setelah semua siap.
Setelah mesin dingin lalu mulai “membongkar alias di sembelih” motor nya, mulai dari membuka jok, tangki, karburator kabel-kabel dan lainnya karena sepertinya satu bundel mesin harus diturunkan sanggarrrrr.
Setelah oli dikuras dan bagian blok magnet dan blok kopling dilepas, maka bersiaplah untuk menurunkan mesinnya.
Ternyata bagian piston/sehernya udah gosong siga bubuy sampeu gini, di cek blok seher nya dalemnya pun sudah baret berrrrrrr. Mungkin pemilik motor terdahulunya jarang ganti oli, atau mungkin olinya.
Bukan hanya piston / seher nya aja yang gosong, blok nya juga ikutan gosong plus baret, sekalian dibongkar aja mesinnya (belah mesin) dan mulai lah kita memutar otak mencari cara dan solusinya, nyari blok dan piston/seher GL Series original yang bekas, tapi ternyata susah juga nyarinya. hehehe.bajett broo
Setelah berkonsultasi dan dengan berbagai pertimbangan saya memutuskan untuk meng-Upgrade mesin GL Series nya jadi 160 cc menggunakan Blok Seher Mega Pro (primus) 160 cc dan piston/seher GL Pro Neo Tech. Untuk blok seher nya saya pakai Produk dari MPM dan untuk seher + ring nya saya pakai Produk dari NPP, jangan lupa belitensioner keteng beserta seal dan packing-packingnya.
Mulai deh merakit kedua parts tersebut, oya untuk klep saya menggunakan milik Honda Tiger Revo, biar lebih JOSS gandosss.
Setelah keesokan harinya mesin pun telah siap dirakit, tinggal naikin mesin nih ke rangka motornya hehehehe :p setelah selesai motor pun akan dicoba, pertama kali dihidupkan, kick stater lebih berat dari biasanya karena kompresi nya lebih padat, yang saya rasakan pertama kali tentunya tarikan lebih mantap, tenaga besar, Joss lah mantap markartab.
tapi sekitar mesin terasa lebih panas dari biasanya, tapi hanya awalnya saja setelah kurang lebih 2 minggu pemakaian panas pada mesin sudah tidak se panas pada saat pertama kali dipasang hehehe :D
Karena motor ini belum pernah dipakai jauh sebelumnya maka saya memutuskan buat ngetes tenaganya. 
Itu aja yang pengen saya sharing mohon maaf kalo masih banyak kekurangan dan ada yang kurang berkenan semoga bermanfaat untuk semua pecinta motor tua ckckck^^ (Seperti saya gkgkgk).
x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Download Everyting

motogp