MENU

Cara Membuat Donat Enak, Empuk, dan Mudah

Cara Membuat Donat Enak, Empuk, dan Mudah
Donat yang paling populer dan umum adalah tipe donat dengan lubang di tengahnya. Meskipun tipe donat klasik ini mempunyai banyak macam rasa dengan toping yang berbeda-beda, rasa dan toping paling umum bagi orang Indonesia.
Banyak anak yang tertarik dengan lubang di tengah donat? Kenapa ada lubang? Buat apa? Ada beberapa teori tentang sejarah di balik asal lubang pada donat. Yang paling populer cerita seorang pelaut Amerika, Hanson Gregory yang menciptakan lubang donat pada tahun 1847 saat menaiki kapal perdagangan. Kala itu, dia hanya berusia 16 tahun.
Seiring berjalannya cerita, Gregory tidak suka pada adonan yang disajikan di kapal. Meskipun luarnya krispi, tapi dalamnya masih belum matang. Dia kemudian mengusulkan cara membuat donat empuk dan mengembang dengan membuat lubang di tengah-tengah adonan, sehingga saat bagian luar adonan matang, maka bagian dalam pun juga matang. Para ahli percaya bahwa alasan itu masuk akal.
Saat adonan digoreng, bagian luar akan cepat matang. Untuk lebih mematangkan bagian dalam adonan, maka adonan tersebut harus berada lebih lama di minyak yang kemudian mengarah pada bagian luar yang kecokelatan.

Setelah penjelasan sejarah mengapa ada lubang di tengah-tengah donat, apakah Anda sekarang merasa lapar?

Anda bisa pergi ke toko kue terdekat. Ajak teman-teman Anda untuk pergi bersama. Jika Anda ingin merasakan tantangan baru di dapur Anda, Anda bisa membuat donat rumahan yang tentu saja memiliki cita rasa toko kue bintang 5.
Daripada membeli, Anda bisa mencoba membuat kue donat sendiri. Membuat sendiri donat yang memiliki cita rasa toko kue terkenal mudah saja. Ambil saja contoh donat JCO. JCO donuts and Coffee merupakan sebuah restoran yang tidak hanya menjual kopi dan yogurt, tapi juga donat. JCO memang lebih dikenal dengan donatnya.
Daripada membeli, Anda bisa mencoba membuat kue donat sendiri. Membuat sendiri donat yang memiliki cita rasa toko kue terkenal mudah saja.
Sebelum JCO dan macam-macam restoran yang bergerak di bidang yang sama masuk ke Indonesia, sebenarnya kita sudah mempunyai berbagai macam resep donat yang tak kalah enaknya. Namun tentu saja tekstur dan cita rasanya berbeda dengan donat asli Indonesia, semisal donat kentang. Daripada berbasa-basi lebih panjang lagi simak cara membuat donat baik resep donat asli Indonesia beserta cara membuat donat kentang yang lembut dan sederhana di rumah atau cara membuat donat JCO seperti yang dirangkum Liputan6.com (19/5) berikut ini.

Cara membuat donat kentang

1. Resep donat kentang

Bahan :

  • Tepung terigu 1/2 kg
  • Kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan sebanyak 200 gram
  • Gula pasir 4 sdm
  • Mentega 3 sdm
  • Ragi instan 11 g
  • Air 200 cc
  • Susu bubuk 3 sdm
  • Susu kental manis 3 sdm
  • Garam 2 sdt
  • Telur 2 butir

Cara membuat :

  1. Kocok 2 butir telur dalam mangkuk hingga berbusa, tambahkan garam, gula pasir, tepung terigu, dan mentega. Aduk hingga rata.
  2. Tuang kentang yang sudah dihaluskan.
  3. Masukkan ragi ke dalam air dan aduk hingga larut, lalu masukkan air ragi tersebut dalam adonan.
  4. Secara perlahan uleni adonan hingga kalis.
  5. Tutup mangkok dengan kain. Diamkan adonan selama 1 jam agar mengembang.
  6. Setelah 1 jam berlalu, Anda bisa mulai memanaskan minyak goreng.
  7. Mulailah membentuk adonan menjadi bentuk donat, jangan lupa untuk memberi lubang di tengah.
  8. Masukkan adonan yang telah dibentuk tadi ke dalam penggorengan. Agar tidak mudah gosong, gunakan api kecil. Tunggu hingga adonan donat telah berubah warna menjadi kecokelatan. Lalu angkat dan biarkan dingin.
  9. Setelah donat dingin, olesi donat dengan mentega.
  10. Anda bisa memberikan toping donat dengan meses, keju, gula salju, atau apapun yang Anda inginkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Download Everyting

motogp