MENU

Share printer ke Windows beda Bit

Share printer ke Windows beda Bit

Pada beberapa kasus, ketika anda hendak menggunakan printer yang telah dishare via WiFi, maka anda tidak dapat menggunakannya untuk mencetak dokumen. Misalkan komputer atau laptop yang terhubung ke printer menggunakan Windows 64 bit kemudian Laptop yang akan dihubungkan ke Printer via WiFi menggunakan Windows 32 bit atau sebaliknya, maka anda tidak akan bisa langsung terhubung ke printer dan mencetak dokumen. Agar dapat terhubung ke Printer dan mencetak dokumen, anda akan diminta untuk menginstall driver printer pada laptop yang akan dihubungkan via WiFi.
Keadaan ini tentu saja akan membuat repot ketika setiap ingin menghubungkan Laptop yang baru ke printer WiFi tersebut harus menginstall driver printernya, terlebih lagi jika anda tidak memilikinya pada laptop yang digunakan. Namun jangan khawatir, anda bisa melakukan sedikit pengaturan agar jika yang ingin dihubungkan adalah laptop baru dan belum terhubung sebelumnya tidak perlu install driver. Untuk itu, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.
Langkah 1
Siapkan driver printer yang digunakan, baik untuk Windows 32 bit dan Windows 64 bit.
Langkah 2
Pada komputer yang terhubung ke printer menggunakan kabel Printer, Silahkan lakukan langkah 1-3 diatas. Kemudian pada tab sharing silahkan klik Additional Drivers….
Langkah 3
Pada jendela additional drivers, jika komputer anda menggunakan Windows 64 bit (x64), maka akan terlihat bahwa driver untuk Windows 32 bit (x86) tidak terinstall, sehingga ketika anda mengakses nya mengunakan Windows 32 bit maka tidak akan bisa terhubung. Untuk mengatasi masalah ini silahkan centang pada checkbox x86, lalu klik Ok.
Langkah 4
Akan muncul jendela install printer drivers. Silahkan ekstrak driver printer untuk Windows 32 bit yang telah anda siapkan. Kemudian klik Browse.
Langkah 5
Pada jendela yang muncul, cari file dengan ekstensi .inf pada lokasi tempat anda mengekstrak driver printer tadi. Jika sudah ditemukan, klik file tersebut kemudian klik Open.. Pada jendela install driver tadi, silahkan klik Ok, Jika ada peringatan silahkan klik Ok.
Langkah 6
Jika sudah selsai silahkan klik Ok pada jendela Additional drivers. Silahkan lakukan hal sebaliknya jika anda menggunakan komputer Windows 32 yang terhubung ke Prinnter via kabel printer. Sekarang anda bisa tehubung ke printer via WiFi meskipun menggunakan arsitektur Windows yang berbeda.
Itulah cara mengubah printer biasa menjadi printer wireless atau sharing printer via WiFi. Sebagai catatan, anda hanya akan bisa mengakses printer yang telah dishare jika komputer yang tehubung ke Printer menggunakan kabal printer dan komputer atau laptop yang akan anda hubungkan ke printer via WiFi terkoneksi dengan jaringan WiFi yang sama. Jadi tentu saja komputer yang terhubung ke printer menggunakan kabel dan komputer yang akan mengakses via WiFi harus memiliki perangkat agar bisa menggunakan jaringan WiFi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Download Everyting

motogp