MENU

Tutorial Membuat Aplikasi Web Sederhana

Tutorial Membuat Aplikasi Web Sederhana

tutorial ini kita akan belajar cara membuat aplikasi web sederhana tanpa menggunakan web server seperti apache, hanya menggunakan javascript dan fitur canggih yang dimiliki HTML5. Pada saat ini Web browser sudah mendukung HTML5 yang sudah memiliki fitur seperti canvas, WebGL, localStorage yang digunakan untuk menyimpan data dalam bentuk key value, video dan Audio, dan masih banyak lagi.
Dengan adanya fitur tersebut kita sudah bisa membangun aplikasi yang dapat diakses secara lokal, dan tidak perlu membutuhkan web server. 

Membuat Aplikasi Web Sederhana: Persiapan Awal

Dalam artikel ini kita akan membuat sebuah aplikasi web lokal yang mempunyai fitur CRUD (Create Reset Update Delete) data. Berikut ini adalah fitur yang akan kita buat untuk membangun aplikasi web lokal:
  1. Lihat Data – Melihat daftar data yang telah dimasukkan
  2. Tambah Data – Menambah data.
  3. Edit Data – Merubah data yang telah dimasukkan sebelumnya.
  4. Hapus Data – Menghapus data yang telah dimasukkan sebelumnya.
Sedangkan perangkat lunak yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.
  1. HTML (Hypertext Markup Language), untuk mengetahui lebih jelas tentang HTML, anda bisa mengunjungi artikel ”Pengenalan HTML: Langkah Dasar”.
  2. Javascript, sebuah bahasa pemrograman yang tertanam di web browser. Javascript membantu kita untuk mewujudkan halaman HTML yang dinamis.
  3. CSS, sebuah rules yang digunakan untuk memberikan style pada aplikasi web yang kita kembangkan.
  4. Jquery, framework yang mempermudah dalam penggunaan Javascript. 
  5. Twitter Bootstrap, kita menggunakannya agar tampilan aplikasi web menjadi responsif. 
  6. Web Browser, Untuk pilihannya anda bisa menggunakan Google Chrome, Chromium, atau Safari. 
  7. Teks Editor, notepad bawaan windows atau teks editor dasar lainnya, jangan menggunakan Microsoft Word. Saya menyarankan untuk menggunakan notepad++, 

Membuat Aplikasi Web: Membangun Kerangka

Pertama kita akan membuat folder dengan nama “nyekrip aplikasi web” dalam folder tersebut kita akan membuat satu folder lagi dengan nama “files” dan satu file HTML dengan nama “index.html”. Secara lebih detail, fungsi  dari kedua file adalah sebagai berikut:
  1. html, dokumen HTML tang berisikan skrip HTML5, Javascript, dan CSS.
  2. files, berupa folder untuk menyimpan file Twitter Bootstrap dan Jquery yang sudah didownload sebelumnya.
Mari kita buat terlebih dahulu file index.html, oke langsung saja kita ketik-kan skrip berikut ini:
Langkah selanjutnya adalah memasang aset aplikasi yaitu file Twitter Bootstrap dan Jquery yang telah kita download sebelumnya, tambahkan skrip yang telah di-blok dengan background hitam berikut dibawah tag title.
Setelah menyiapkan file HTML, selanjutnya kita membuat folder yang bernama “files”, dalam folder tersebut kita masukkan file Twitter Bootstrap dan Jquery.

Aplikasi Web Sederhana: Membuat Form dan Navigasi

Selanjutnya kita membuat dua form yaitu form tambah data dan form edit data, kita akan membuat perubahan di dalam dan pada tag <body></body>. Pada tahap ini kita akan membuat 4 bagian skrip yaitu:
  1. Judul dan Menu Aplikasi
  2. Form Tambah Data
  3. Form Edit Data
  4. Tampilan Daftar Data
  5. Fungsi Ganti Menu
Berikut ini adalah perubahan isi dan tag <body></body> di file index.html yang telah ditambahkan empat bagian skrip diatas.
Penjelasan singkat tentang kegunaan Skrip :
  • Event onload pada tag <body></body> akan menjalankan fungsi muatDaftarData(). Cuma pada saat ini fungsi tersebut belum kita buat, sehingga belum bisa memuat daftar data.
  • Pada <div class="page-header"></div> kita membuat judul dan navigasi aplikasi web serderhana
  • Membuat Form tambah data dalam <div id="tambah-data" class="well" style="display:none;"></div>, kita berikan atribut style style="display:none;"supaya hanya muncul ketika navigasi tambah data di klik. Di bagian akhir dalam tombol submit kita berikan fungsi simpanData(), fungsi simpan ini akan di-eksekusi ketika tombol tersebut di-klik atau dijalankan.
  • Membuat Form edit data dalam <div id="edit-data" class="well" style="display:none;"></div>. Sama seperti Form tambah data, di bagian akhir dalam tombol submit kita berikan fungsi simpanEditData(), fungsi edit ini akan di-eksekusi ketika tombol tersebut di-klik atau dijalankan.
  • Membuat area yang menampilkan daftar data yang telah dimasukkan, jika belum ada data maka akan menampilkan tulisan “Tidak ada data…”
Selanjutnya tambahkan skrip javascript berikut untuk membuat fungsi ganti menu, letakkan persis dibawah tag body:
Penjelasan singkat kegunaan skrip:
Fungsi gantiMenu(menu) diatas memiliki parameter berupa string yang akan diperiksa untuk menampilkan div yang diinginkan. Melalui kondisional if dan else if, tombol di daftar menu yang diklik akan diperiksa. Dengan memanfaatkan fungsi Jquery fadeIn() (menampilkan) dan hide() (menyembunyikan) kita memanipulasi tampilan halaman web agar seolah-olah pindah halaman.
Sampai tahap ini kita sudah membuat aplikasi web sederhana dalam tahap view dan sudah menentukan letak dan nama fungsi, maka selanjutnya kita akan membuat fungsi tersebut agar aplikasi bisa berjalan dengan baik.

Membuat Fungsi daftar, edit, simpan dan hapus Data

Setelah kita membuat form dan navigasi sebagai elemen view, saatnya kita membuat controller dengan membuat fungsi daftar, edit, simpan dan hapus data.
Ketik-kan  skrip berikut dalam tag <script type="text/javascript"></script>.
Penjelasan singkat skrip:
  • Fungsi muatDaftarData() ini di-eksekusi ketika halaman aplikasi dimuat, tombol menu “Daftar Data” di-klik, proses penambahan data berhasil, dan penghapusan salah satu data. Saat fungsi ini dieksekusi, proses yang pertama kali dilakukan adalah pengecekan daftar_data dan id_data di locaIStorage. Jika data ditemukan, maka akan menampilkan data beserta tombol hapus dan edit. Jika tidak ada data, maka akan menampilkan tulisan “Tidak ada data…”
  • Fungsi editData(id) akan di-eksekusi ketika klik tombol edit di salah satu data.  Fungsi ini akan mengambil id_data yang akan diedit, berdasarkan id tersebut akan diambil data tentang nama, alamat, keterangan dan akan langsung di masukkan dalam form edit.
  • Fungsi simpanData() ketika di-eksekusi, proses yang pertama kali digunakan adalah pengambilan nilai dari setiap field di form tambah data. Kemudian setelah proses pengambilan nilai dari setiap field di form tambah data, dilanjutkan dengan penyimpanan data ke localStorage.
  • Fungsi simpanEditData() ketika di-eksekusi, proses yang pertama kali digunakan adalah pengambilan nilai dari setiap field di form edit data. Kemudian setelah proses pengambilan nilai dari setiap field di form edit data, dilanjutkan dengan penyimpanan data ke locaIStorage.
  • Fungsi hapusData(id) akan di-eksekusi ketika klik tombol hapus di salah satu data. Proses yang pertama kali terjadi adalah pemeriksaan apakah daftar_barang dan id_barang sudah tersimpan di localStorage atau belum. Kemudian jika daftar_data dan id_data sudah tersimpan, dilanjutkan dengan penghapusan daftar_barang berdasarkan id_barang dari localStorage.
Akhirnya kita selesai juga dalam membuat aplikasi web sederhana 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Download Everyting

motogp