MENU

CARA MENGATASINYA KOMPUTER TIDAK BISA BOOTING

 CARA MENGATASINYA  KOMPUTER TIDAK BISA BOOTING
Komputer tidak bisa booting merupakan satu permasalahan yang cukup memusingkan.
Tentu akan kebingungan apabila komputer atau laptop terus – terusan loading, bahkan tidak bisa masuk ke sistem operasi. Di kesempatan kali ini, tips komputer mencoba untuk berbagi informasi mengenai hal ini. 
agar permasalahan ini bisa dipahami semua orang. Ada baiknya kita kenalan dulu dengan apa yang namanya booting. Booting adalah proses, dimana sistem komputer untuk pertama kali dinyalakan sebelum masuk pada sistem operasi komputer yang digunakan. Dalam hal ini dipegang oleh peran Bios (Basic Input Output System). Yaitu sebuah perangkat lunak sebelum sistem operasi.
Fungsi dari Bios ini cukup vital, bios berisi perangkat paling dasar yang bisa memberikan informasi kepada kita mengenai hardware komputer seperti pengaturan Booting Device, mengatur waktu, mengetahui suhu komputer dan kondisi kesehatannya. Nah di sini bios mengantarkan komputer menuju sistem operasi yang digunakan. Proses inilah yang kita sebut dengan istilah Booting.
Sampai di sini sedikit lebih mengerti kan ? Oke, sekarang kita lanjut ke permasalahan mengapa komputer bisa bermasalah dalam proses Boating. Berikut ini beberapa kemungkinan penyebabnya.

PENYEBAB KOMPUTER TIDAK BISA BOOTING

Seharusnya kita sudah memiliki gambaran, karena di awal tadi sudah kita singung proses booting seperti apa. Dan kira – kira, apa saja sih yang membuat komputer gagal booting. Tentu saja hanya ada dua faktor yaitu entah software (atau hardware)
1. Terdapat Masalah Pada BIOS
Kemungkinan pertama penyebab komputer tidak bisa booting yaitu BIOS bermasalah. Untuk penyebab kenapa bios bermasalah, jujur saja belum bisa kami bahas pada kesempatan kali ini. Logikanya, jika BIOS komputer Eror, pastilah komputer tidak dapat tersambung atau terhubung pada sistem operasi karena BIOS berfungsi sebagai sistem Basic dan pengantar masuk ke windows.
2. Terdapat Kerusakan Hardisk
Ke dua, hal yang memungkinkan komputer tidak bisa masuk bios karena permasalahan pada Harddisk. Bisa rusak bisa juga terdapat masakah kecil seperti kabel dan lainnya. Faktor yang satu ini biasanya ditandai dengan munculnya pesan “Disk Boot failure” pada layar komputer.
3. Permasalahan RAM Komputer
Proses booting tentu saja membutuhkan memory, karena proses ini berhubungan dengan perintah processor untuk membaca dan menampilkan sistem operasi. Dan proses ini tidak dapat berlangsung tanpa RAM. Pantas saja jika komputer tidak bisa booting, indikasi RAM bermasalah perlu diperhitungkan.
4. Permasalahan Proccesor
Kemungkinan ke-4 ini yang tidak kita inginkan. Bisa jadi penyebab komputer tidak bisa booting karena Prosesor komputer bermasalah. Hal ini terdapat banyak penyebabnya seperti overheating pada proses sebelumnya. Atau bahkan mengalami kerusakan karena hal lain seperti power sering terputus secara tiba – tiba 
5. Sistem Operasi Eror (Corrupt)
Untuk faktor atau penyebab yang satu ini kalau menurut saya sih kemungkinannya kecil. Kalaupun iya, cirinya sangat mudah dikenali. Yaitu di layar komputer sudah terdapat kursor. Hanya saja tidak segera muncul dan masuk ke windows secara normal. Bahkan sudah sampai sangat lama.

CARA MENGATASI KOMPUTER TIDAK BISA BOOTING

Naah, sekarang tiba saat yang ditunggu – tunggu. Mungkin anda juga mencari tahu hal ini. Apa sih yang harus kita lakukan ketika komputer kita tiba – tiba tidak bisa booting ? Sebelum anda bawa ke teknisi, anda bisa lakukan beberapa cara ini sebagai ikhtiar pertama anda. Apa itu ? Tentu saja merupakan jawaban dari faktor penyebab yang sudah kita uraikan diatas.
1. Reset BIOS
cara mengatasi komputer tidak bisa booting
Jika anda berani, buka cover CPU anda dan cari baterai tipis yang mengkilap sebesar koin. Sebelumnya, copot semua kabel power yang menancap di CPU anda. Buka baterai tersebut dan ganti dengan yang baru. Kemudian tunggu sekitar 30 menit kemudian coba anda nyalakan kembali komputer anda. Jika memang penyebabnya berasal dari itu otomatis komputer anda sudah berhasil booting.
2. Ganti Hardisk
Ganti hardisk adalah solusi terakhir apabila memang yang bermasalah di sini adalah hardisk anda. Dalam hal ini pertama coba periksa kabel hardisk (kabel sata) jangan – jangan sedikit kendor. Coba cabut dan pasang kembali dengan kencang. Jika tetap saja, coba pinjam hardisk komputer teman anda yang jelas – jelas normal. Coba di komputer anda, atau sebaliknya. Bawa hardisk anda, dan coba pasang di komputer teman anda.
3. Bersihkan RAM
memperbaiki komputer tidak bisa booting
Pengalaman saya sendiri seringkali mengalami hal ini. Komputer tidak bisa masuk windows, booting dan kadang selalu restart terus – terusan. Apa yang saya lakukan ? Buka cover CPU, copot RAM dan bersihkan dengan penghapus pada bagian kaki (pin). Kemudian, coba pasang kembali dan nyalakan komputer anda. Cara ini cukup efektif untuk memperbaiki komputer tidak bisa booting yang memang karena permasalahan RAM.
4. Cek Procesor Komputer
penyebab komputer tidak bisa booting
Untuk permasalahan yang satu ini memang cukup sulit dilakukan sendiri oleh orang awam yang sama sekali tidak kenal komputer. Biasanya penyebab komputer tidak bisa booting yang bersumber dari procesor rata – rata komputer mati total. Umumnya hal ini disebabkan karena procesor mengalami overheating.
Oleh karena itu penting dengan mengecek bebrapa permasalahan yang timbul seperti Fan Prosesor mati atau tidak normal. Biasanya hal ini yang membuat procesor overheating. Untuk permasalahan yang satu ini, sebaiknya anda konsultasikan ke teknisi komputer, karena bagi orang awam cukup sulit untuk memperbaikinya.
5. Install Ulang Atau Repair System
Berikutnya, apabila permasalahan komputer tidak bisa booting berasal dari sistem operasi komputer eror, yang ditandai dengan kursor yang tidak kunjung masuk ke sistem operasi. Solusi untuk yang satu ini ada dua pilihan, install ulang sistem operasi atau cukup repair saja. Keduanya bisa anda lakukan. Dan biasanya jika benar faktor penyebabnya adalah sistem operasi yang eror, setelah install ulang komputer langsung kembali normal.
Permasalahan komputer karena dua faktor Hardware komputer itu sendiri yang daya tahannya sudah melemah karena pemakaian dalam waktu yang cukup lama.
demikian gan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Download Everyting

motogp